Apakah kita setuju apabila anak-anak seharusnya hanya duduk diam di kursi dan belajar dengan sopan saja, dimana setiap pembelajarannya hanya mentok terfokus diam?
Jika kita dihadapkan pada pertanyaan seperti itu, pastilah sebagian besar kita tidak setuju. Karena jika seorang anak dalam mendapatkan pembelajaran hanya duduk diam tanpa adanya respon yang berarti, akan membuat sistem belajar mengajar di dalam kelas menjadi pasif dan kaku.
Kita yang telah melewati serangkaian belajar formal, pastilah hampir keseluruhannya seperti itu. Hanya duduk diam terus dicekoki pelajaran oleh guru.
Seperti yang dikemukakan oleh John Dewey, bahwa anak-anak akan belajar lebih baik jika mereka aktif. Dengan kata lain, anak-anak tersebut tidak hanya duduk diam.
Memang walaupun kita sependapat bahwa seharusnya tidak seperti itu, anak-anak tersebut tidak hanya pasif, namun dalam praktiknya, akan tetap sama. Pasif dan pasif lagi.
Entah karena anak-anak itu yang memang tidak ingin aktif atau memang guru yang kurang dapat menguasai kelas.
Jadi, peran guru disini haruslah bisa menguasai kelas dan menciptakan kelas yang aktif. Namun, harus juga didukung oleh para anak yang memang ingin belajar secara aktif.
Daftar Pustaka
Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar